Laman

Selasa, 31 Juli 2012

Pendidikan Anak Usia Dini


Malang Media Rakyat
Sebelumnya bahwa pendidikan anak dimulai sejak dalam kandungan.Dan pendidikan dengan kotak secara langsung dimulai setelah bayi lahir melalui rangsangan – rangsangan dengan kotak mata ,kulit,suara dan aroma.Hal itu dilakukan agar anak tumbuh dan berkembang dengan baik,penuh rasa kasih sayang.Dengan kasih sayang anak akan merasa nyaman dan aman terlindungi.Dalam tenggang masa pendidikan anak dalam keluarga,sejak bayi anak dalam kandungan sampai anak menika,sebagaimana Rusulullah SAW bersabda:”Sebagaian kuwajiban bapak atas anak-anaknya ialah memberikan nama yang baik ,mengajarkan menulis dan mencarikan jodohnya apabila telah dewasa”(HR Ibnu Majah) .Dengan demikian ,meski anak telah masuk sekolah,tetap harus dibimbing,dikontrol dan di awasi,termasuk belajar dan pergaulannya ,baik di sekolah maupun diluar sekolah.Jika orang tuanya menyerahkan pendidikan pada Guru saja tidaklah cukup maka salah besar sebab waktu di sekolah hanya beberapa jam,sehingga tidak mungkin guru mengawasi anak-anak turus menerus kemudian didiklah anak- anaknya sesuai jamannya,sebagaimana ucapan Khalifah Umar Bin Khatab(Ajarilah anakmu, karena sesungguhnya mereka adalah generasi yang lahir pada zamannya , bukan zaman kamu dilahirkan.Intinya sebagai orang tua,terutama ibu,didiklah anak sesuai jamannya bukan jaman saat orangtua dilahirkan .Misalnya, anak lahir pada tahun 2000 maka pendidikan terhadap anak disesuaikan pada tahun 2000,-an,Dengan begitu,anak bisa mengikuti perkembangan sesuwai dengan jamannya.Pendidikan Agama tidak hanya mengambangan dan membentuk potensi akal anak,melainkan perlu mengembangkan dan membentuk potensi untuk merealisasikan tugas kewajiban kepada Allah SAW.Meski demikian pendidikan dalam Islam tidak hanya mengutamakan pengembangan dan pembetukan rohani dengan segala potensinya.Tapi juga perlu mengembangkan memelihara dan membentuk potensi jasmani agar bersih dan suci ,sehat dan kuwat .Jasmani yang bersih suci sehat dan kuat ,juga digunakan untuk mengapdi kepada Allah SAW.Dalam keluarga Wanita memiliki peran yang sangat penting dalam mendidik membina keluarganya dan berkuwajiban mendidik anak-anaknya ke arah kebenaran sesuai  tutunan Agama.Serta menamkan budi pekerti yang mulia agar tidak muda terjerebab dalam kesesatan.Jika dalam keluarga uda ada nilai –nilai luhur dari ajaran Agama.Maka keluarga sudah memiliki generasi yang baik dan berbudi luhur.Namun hal itu tidak mudah dicapai dengan istan melainkan membutukan kesabaran dan waktu yang lama.Dalam mendidik anak,wanita tidak boleh salah dalam memberikan pengajaran,sebab apabila salah memberikan maka generasi kita akan mengalami dua kali ( satu kesalahan degan dua kesalahan )Perlu di ketahui kemrosotan moral masyarakat secara keseluruhan disebabkan oleh ulah wanita yang tidak tau atau kurang mampu dalam mendidik anak dan terdidik sebagaimana mestinya sehingga,didikan mereka salah dan meyebabkan akhlak kurang sempurna dari kebaikan dan kebenaran.Hubungan orang tua dan anak sangatl erat sekali sehingga apabila anak terpisah dengan ibunya terutam dalam tahap awal perkembangan mengakibatkan rusak intelektual emosional,sosial bahkan fisik.   wanita dan mau menjalankan fungsinya dengan ikhlas sebagai ibu dalam rumah tangga untuk mendidik anak karena wanita lebih dekat dengan anak- anaknya. ..(zis)

Senin, 30 Juli 2012

SEJARAH SMA NEGERI 3 MALANG


Malang- Media Rakyat
SMA Negeri 3 Malang lahir pada tanggal 8 Agustus 1952 berdasarkan Surat Keputusan Menteri PP dan K nomer 3418/B tertanggal 8 Agustus 1952. Pada saat itu bernama SMA B-II Negeri Malang. Secara kronologis perubahan nama itu dapat dijelaskan sebagai berikut: 1. Tidak lama setelah pengakuan kedaulatan RI pada tanggal 27 Desember 1949, Di kota Malang berdiri 2 buah SMA, yaitu SMA Republik Indonesia dan SMA Federal ( VHO ). Para pejuang TRIP, TP, TGP dan alain-lain yang sudah kembali ke sekolah ditampung di SMA Federal. 2. Pada tanggal 8 Agustus 1952, jurusan B ( Pasti Alam ) SMA Republik Indonesia dan SMA Peralihan digabung menjadi satu berdasarkan SK Menteri PP dan K nomer 3418/B dan diberi nama SMA B-II Negeri. Pemberian nama ini disebabkan telah berdiri dua buah SMA . 3. Akhirnya diadakan perubahan nama berdasarkan urutan usianya yaitu : SMA A/C menjadi SMA I A/C, SMA Federal menjadi SMA B-I Negeri. 4. SMA B-I Negeri kemudian diubah menjadi SMA I-B dan SMA II-B. Nama ini akhirnya dirasakan kurang tepat karena seakan-akan ada SMA B yang kualitasnya lebih tinggi daripada yang lain. Akhirnya diadakan perubahan nama ketiga SMA yang ada di Malang itu berdasarkan usianya, yaitu : - SMA A/C menjadi SMA 1A/C - SMA 1B menjadi SMA II-B - SMA II-B menjadi SMA III-B. - Kemudian SMA I A/C dipecah menjadi dua sekolah yaitu SMA I A/C dan SMA IV A/C. 5. Timbulnya SMA Gaya Baru pada tahun 1963 yang mengharuskan semua SMA mempunyai jurusan yang sama yaitu : Budaya, Sosial, Ilmu Pasti, dan Ilmu Pengetahuan Alam membawa pengaruh pada dihapuskannya nama tambahan A,B, atau C pada uurutan nama keempat SMA yang ada di kota Malang. 6. Menjadi SMU Negeri 3 Malang berdasarkan SK Mendikbud RI nomer 035/O/1997. 7. Kembali menjadi SMA Negeri 3 Malang pada tahun 2002. Dalam perjalanan pengabdiannya, SMAN 3 Malang telah melahirkan lulusan yang Unggul dan berkualitas baik di tingkat nasional maupun internasional.Pada awalnya, semboyan asli SMA Negeri 3 Malang berbunyi "BERTAKWA - BELAJAR - BEKERJA - BERJUANG", semboyan ini merupakan hasil karya siswa-siswi SMAN 3 Malang pada saat lomba kebersihan pada bulan Juli 1967. Semboyan tersebut selanjutnya digubah oleh Bapak Rahardjo (pengajar Bahasa Indonesia) ke dalam Bahasa Sansekerta menjadi BHAKTYA - WIDHAGDAKARYASUDHIRA. Semboyan ini resmi ditetapkan pada HUT ke-17 SMAN 3 Malang atas persetujuan Dewan Guru/ Karyawan serta pengurus KPSMA3Malang. Bila diuraikan, semboyan BHAKTYA - WIDHAGDA - KARYA - SUDHIRA mengandung makna: Bhaktya : Berbakti, bertakwa Widhagda : Berilmu-pengetahuan, belajar, berguna Karya : Bekerja Sudhira : Berani, berjuang, berteguh-hati Penggubahan ke dalam Bahasa Sansekerta bertujuan agar semboyan tersebut memiliki nilai puitis dan estetis serta emotional-artistic. Semboyan ini kemudian dikenal dengan singkatan BHAWIKARSU.Kami Putra-Putri SMA Neg'ri Tiga Malang Taat 'kan peraturan, tegakkan persatuan Biar badai t'rus menghantam, ku tak pernah kenal m'nyerah Itulah jiwa pelajar yang setia Bhaktya ... Widhagda Karya Sudhira S'bagai dasar hidup bahagia Ku tak pernah lengah akan tugas s'bagai pelajar Menjunjung tinggi peradaban bangsa II: Dengan tekad yang bulat pelajar siap siaga Membela kebenaran, membenci kejahatan Itulah jiwa yang terpendam di dalam kalbuku Berkat didikan yang agung dan mulya Damai ... sejahtera tujuanku Untuk mencapai hidup yang baru Ku 'kan tuntut ilmu untuk kepentingan Negara Tuhan 'kan membimbing para umat-Nya1952 - 1962 R. Koeswandono (Alm.) 1962 - 1968 H. Soeroto 1968 - 1978 Drs. H. Soedarminto 1978 - 1986 Drs. Bambang`Poerwono (Alm.) 1986 - 1989 H. HaroenSoemawinata (Alm.) 1989 - 1993 H. Abdullah Uki 1993 - 1998 H. Djohan Arifin 1998 - 2005 Drs. H. Moh. Saleh 2005 - 2009 Drs. H. Tri Suharno, M.Pd. 2009 - 2009 Ninik Kristiani, M.Pd. 2009 - 2011 Dra. Hj. Rr. Dwi Retno Udjian Ningsih, M.Pd. 2011 - ........ Drs. H. Moh. Sulthon, M.Pd.SMA. Negeri 3 Malang terletak di Kawasan Tugu Kota Malang, tepatnya di Jl. Sultan Agung Utara no. 7, Kelurahan Klojen, Kecamatan Klojen, Kota Malang…(zis)

SMP NEGERI 1 TUMPANG ERA PRESTASI

Malang Media Rakyat
SMP Negeri  1 tumpang menyosong era prestasi yang dicanangkan Mendiknas Tahun 2009 dengan Visi dan Misi Berprestasi  berbudaya dan berwawasan global visi SMP N 1 Tumpang ini memiliki makna ,bahwa mulai tahun 2009 ini lehbih memcu prestasi baik prestasi akademis non akademik dan prestasi ke Agamaan ( IQ, SQ dan EQ ) memantapkan budaya yang berbasis pada karakter dan adat ketimuran termasuk ketertiban kedisiplinan sebagai insane yang memiliki penguasaan bahasa Ingris dan penguasaan komputer ( ICT) bagaimana strategi SMP N 1 Tumpang Dalam mewujudkan visi berprestasi berbudaya  dan berwaawsan Global ?.(1) Memantapkan manajerial ( MPMBS PLUS) memperdayakan SDM dan mengadakan seminar dan Workshop yang di pandu oleh prof.DR.Umi Dayati dari UM dan pengawas Dinas pendidikan Guru –guru SMP 1 Tumpang juga melanjutkan 52 sejumlah 22 guru yang pada tahun 2011 ini telah menyelesaikan studinya.(2) Mengunakan wasilitas Computer ( ICT) secara optimal,memiliki tower jaringan Internet Hotspot dan secara umum masing masing guru memiliki Laptop (3) melengkapi fasilitas pembelajaran misalnya ruang dan media lab IPA perpustakaan dan Media belajarsiswa yang berbasis Komputer (4)melayaniu siswa secara maksimal siswa dipersiapkan untuk mencapai prestasi yang tinggi dengan cara pembelajaran optimal penegakan kedisiplinan dan dukungan perhatian dan doa orang tua .SMP N 1 tumpang ini juga melaporkan prestasi lewat Rapor Bulanan rapor tengah semester,dan rapor kenaikan Kelas pemberian Reword dan panismen untuk memacu siswa suasana keyamanan siswa.(5)Melakukan kerjasama ( MOU) mutu dengan lembaga pendidikan SMP 6 Surabaya SMP Jembrana Bali SMP Paken Jateng SMK 4 Malang  dan SMP AL- Azhar Jakarta .Kerjasama dalam bentuk fasilitas sekolah meliputi air minum mendapat Mobil Grandamax,STIE Indonesia malang dengan mendapat 20 kursi mawasiswa  dan karpet serta fasilitas lainnya.(6) Mengadakan kegitan yang melibatkan orang tua yaitu (a) Pengajian akbar dengan pembicara Dr Zainuri Roziqin (b) Seminar orang tua dengan Dr Umi Dayati ( Dosen UM).lanjut Para pengajar dari perjalanan SMP Negeri 1 Tumpang Kabupaten Malang banyak yang prestasi yang di ukir guru baik tingkat Kabupaten maupun tingkat Nasional prestasi tersebut pada era 90 –an prestasi yang di capai . 1.Drs Gatot Sucipto ( Guru Teladan Tingkat Kabupaten 2,Drs Heru Mujionto ( Mengikuti TOT Instruktur di bogor)3.Gedam Wahyudi S.Pd (Mengikuti TOT Instruktur di Bogor) Pada Tahun 2000 Prestasi yang di capai 1.Umi Chapsah S .Pd ( pengurus MGMP IPA Kab Malang 2.Achmad Syafii,S .Pd ( pengurus MGMP Matematika  Kab Malang) 3. Drs Abdul Rozaq M,Pd ( Juara 3 Nasional Lomba keberhasilan Guru –guru 2003 Mewakili lomba kepala sekolah di Jawa Timur Th 2010) 4.Rubianto S .Pd (prestasi Siswa yang membanggakan sekolah dari tahun 2011 sudah mendapat 700 lebih piagam penghargaan piala dan medali prestasi yang membanggakan piala dan medali prestasi yang membanggakan pada tahun 2000 adalah pramuka yang memperoleh piala tetap Gubenur Jawa Timur.Menurut Drs Abdul Rozaq,M .Pd Kepala Sekola  SMP N 1 Tumpang Kabupaten Malang, menjelaskan Nah itulah para bintang akademik diperoleh ujian nasional .rahasia suksesnya da di usaha dan perjuangan mereka,bertekat bulat melakukan yang terbaik dalam diri,belajar dengan teratur memiliki target diri sering latihan soal yang menantang atur waktu seefektif dan memiliki manfaat yang tinggi serta jangan lupa lho selalu berdoa dan mendekatkan diri dengan AllAH SWT.Untuk mendapatkan kemudahan ….(azis)

Minggu, 29 Juli 2012

SMA Negeri 1 Kota Batu Gelar MOS Siswa Baru.


Batu-Media Rakyat            
Membekali para siswa baru agar semakin memiliki karakter yang bagus SMA N  1   Kota Batu tidak mau setengah-setengah. Anak-anak siswa baru digembleng dengan menjalani Masa Orientasi Studi (MOS) menjalani pendidikan karakter  Pendidikan   Kota Batu, . Dra Suprantiyo M.M Kepala Sekolah SMA N 1 Kota Batu mengungkapkan ada sebanyak Siswa anak yang seharusnya menjalani pendidikan . Namun dari sekian banyak siswa semua mengikuti MOS .''Untuk yang izin selain membawa surat dokter orangtuanya juga sudah pro aktif memberi tahu sekolah. Karena itu kami sudah mengizinkan," , sprantiyo menyebutkan dengan diberikannya pendidikan karakter ini diharapkan disiplin anak anak semakin tinggi, jujur, tanggung jawab, peduli lingkungan dan makin cinta tanah air dan bangsa. Pendidikan karakter juga dimaksudkan agar anak anak memiliki mental pantang menyerah.pangilan akrap Pak Pran menyebutkan pendidikan karakter dilangsukan. Seusai dididik , anak anak SMA N 1 Batu  akan menjalani kegiatan selanjutnya di sekolah  "Di sekolah anak anak juga akan kami beri materi pendidikan anti korupsi. Harapannya sejak dini anak didik sudah mengenalinya dan saat mereka dewasa nanti bisa menghindari tindakan tindakan korupsi," ujar Pran. anak anak akan menyalurkan bakat dan minatnya dalam acara inagurasi. Sehingga bakat bakat anak didik bisa diwadahi agar segala potensi yang dimiliki bisa berkembang .dengan jelas.Terwujudnya Sekolah Bertaraf Internasional dengan Sumber Daya Manusia yang Mampu Menghadapi Tantangan Jaman Berdasarkan Keimanan dan Ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa Dilandasi Semangat Nasionalisme serta Berbudaya Lingkungan.Indikator Visi 1. Mengembangkan SKL yang telah ada dan mengadopsi SKL dari Cambridge.2. Mengembangkan kurikulum bertaraf internasional, khusus untuk mata pelajaran MIPA, IPS dan Bahasa.3. Mengembangkan Proses Belajar Mengajar yang kreatif, inovatif dengan multi media dan multi metode.4. Meningkatkan kompetensi dan kemampuan berbahasa Inggris bagi Tenaga Pendidik dan Kependidikan.5. Melengkapi fasilitas pendidikan yang berorientasi pada standar internasional.6. Mengembangkan manajemen sekolah secara professional dan mengarah pada manajemen berstandar internasional.7. Mampu menggali dana untuk pembiayaan SBI dengan melibatkan komite sekolah, Bappeko, DPRD Tk I dan II, Dinas Pendidikan Kota dan Provinsi, Direktorat Pembinaan SMA serta pihak lain yang relevan.8. Mengembangkan sistem penilaian yang disesuaikan dengan tuntutan kurikulum internasional. B. MISI1. Menumbuhkan penghayatan dan penerapan ajaran Agama dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.2. Melaksanakan pembelajaran yang efektif, efisien, dan menyenangkan dengan memanfaatkan multy recources yang berbasis IT.3. Mendorong membantu siswa mengenal dan mengembangkan potensi diri, dengan semangat keunggulan lokal dan global.4. Menumbuhkan budaya berani bertanggungjawab, demokratis, mandiri serta cinta tanah air.5. Menumbuhkan kepedulian terhadap potensi dan konservasi serta pengembangan lingkungan hidup.6. Mengembangkan keterampilan berkomunikasi, baik dalam bidang akademis maupun nonakademis dengan menggunakan bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.7. Menumbuhkan kebiasaan membaca, menulis dan menghasilkan karya.8. Menerapkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam proses pembelajaran dan pengelolaan sekolah.9. Menyediakan sarana prasarana yang berstandar internasional.10. Melaksanakan manajemen partisipatif secara professional dan menuju kepada manajemen mutu yang telah distandarkan dengan ISO 9001:2000 dengan melibatkan seluruh warga sekolah dan lembaga terkait…(zis/par/sam)