Jakarta –Media Rakyat
Dalam upaya meningkatkan layanan
publik kepada masyarakat, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud)
terus membekali petugas-petugasnya dengan kemampuan komunikasi dan organisasi
yang memadai. Hari ini, Kamis (22/8), Pusat Informasi dan Humas (PIH) Kemdikbud
mengadakan kegiatan pembekalan bagi petugas layanan call center dan
pengaduan, di kantor Kemdikbud.Acara yang dibuka oleh Kepala Bagian Tata Usaha
PIH, Hawignyo mewakili Kepala Pusat Informasi dan Humas tersebut dihadiri oleh
45 peserta yang berasal dari internal PIH dan unit utama. Narasumber pertama
yang mengisi kegiatan tersebut adalah Staf Khusus Mendikbud bidang Komunikasi
dan Media, Sukemi. Materi yang dibawakannya adalah tentang “Motivasi Menjadi
seorang Pelayan Publik”.Dalam paparannya Sukemi mengatakan, Kemdikbud merupakan
salah satu instansi yang kerap menjadi sasaran empuk untuk pengaduan. Hal
tersebut, kata Dia, merupakan akibat dari tingginya ekspektasi masyarakat
terhadap dunia pendidikan. Oleh karena PIH harus siap menerima segala bentuk
pengaduan. “Pengaduan yang masuk itu resiko kita di bagian pelayanan,”
katanya.Sukemi juga menyebutkan, ada tiga siasat yang perlu dipahami oleh
petugas layanan agar termotivasi untuk memberikan layanan terbaik. Pertama,
kata Sukemi, petugas wajib memiliki kesadaran bahwa dirinya wajib melayani
masyarakat. Kedua, petugas juga harus mau terus belajar tentang dunia
pendidikan. Dan yang ketiga, petugas perlu menjadikan tempat kerjanya sebagai
tempat belajar.Menurut Sukemi, dalam bekerja seharusnya ada reward dan
punishment. Apapun bentuknya, diharapkan dengan adanya hal tersebut
dapat memacu dan memotivasi para petugas untuk bekerja, dan mengingatkan mereka
untuk meminimalisir kesalahan. “Sebaiknya ada reward dan punishment
bagi petugas call center,” katanya.Kegiatan pembekalan bagi
petugas layanan publik Kemdikbud ini akan berlangsung selama dua hari,
(22-23/8). Selama dua hari tersebut ada beberapa narasumber yang akan menyampaikan
materi. Adapun materi yang akan disampaikan setelah motivasi bagi petugas,
yakni tentang Pembangunan Institut Seni Budaya Indonesia dan tentang Bidikmisi
dan UKT.Setelah mendapat pembekalan dari narasumber, diharapkan petugas layanan
memperoleh pengetahuan yang lebih banyak tentang kebijakan-kebijakan Kemdikbud,
dan memiliki kemampuan yang lebih baik dalam memberikan pelayanan publik. (sam)